Terusan Kamang


Terusan Kamang merupakan salah satu objek wisata yang ada di Sumatera Barat tepatnya berada di Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Beberapa tahun belakangan ini merupakan tempat yang hitz untuk berfoto oleh para wisatawan. Tapi, sayang ini, akhir-akhir ini terusan kamang sudah mulai banyak berubah. Tak lagi memberikan pesona yang luar biasa yang dapat memanjakan mata kita.
Ini waktu permata kalinya saya pergi ke terusan kamang ini, tempat ini gak terlalu jauh dari pusat kota Bukittinggi, kita bisa menempuhnya lebih kurang setengah jam an sampe kok guys. Akses untuk kesini juga mudah kok, kalian bisa bawa kendaraan pribadi baik itu motor maupun mobil pribadi. 

Sayang sekali rasanya, kecewa itu rasa pertama yang dapat saya gambarkan dari wajahku ini waktu turun dari mobil melihat pemandangan ini karena tidak sesuai dengan ekspektasi yang saya inginkan ketika melihat foto orang-orang yang berada disini. Dulu tempat ini diairi dengan air yang luas. Dulunya juga orang dapat bermain perahu atau sampan disini. Tapi sayang, semenjak air disini sudah mulai kering seperti sekarang ini udah gak da lagi permainan yang bisa wisata mainkan lagi disini.

TERLAMBAT, yup itu mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan saya waktu kesana. Karena saya datang kesana pas airnya sudah kering macam ni, ketika yang bisa dilihat cuma kerbau dimana-dimana. Sedih rasanya, tempat ini tidak dirawat dengan baik, yang mungkin nantinya dapat dikembangkan lagi. 


Terusan kamang ini merupakan danau buatan yang dibuat oleh masyarakat yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus. Tapi, karena tidak adanya pemeliharaan dan pengembangan disini jadi sudah jarang atau mungkin udah sedikitnya wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Padahal seharusnya tempat ini memiliki potensi yang luar biasa yang mana nantinya akan menarik para wisatan lokal maupun luar negeri untuk mengunjungi dan mengeksplor salah satu wisata alam yang ada di Sumatera barat ini. 

Saya Berharap pemerintah setempat dapat membenahi dan membuat terobasan baru untuk dapat mengembangkan wisata lokal yang ada. Sehingga dapat menarik pengunjung lebih rame lagi mengunjungi tempat ini, yang nantinya juga dapat membantu perekonomian sekitar. 

Uppsss, tenang guys !
Kalian masih bisa kok cari spot-spot yang bagus untuk berfoto disini. Disini juga ada disedikan pondok-pondok untuk beristirahat, makan-minum alias piknik keluarga juga bisa nih guys. Buat kalian yang juga sering stress dan lelah dengan pekerjaannya, disini kalian bisa membuang rasa penat atau capek kalian itu dengan menyatu dengan alam sekitar sini. Kalian juga bisa melihat bukit-bukit yang hijau, kerbau-kerbau berkeliaran, kerbau bermain, kerbau lagi mandi dan lainnya. hehehe






Salam Eksplore, Salam Traveler. BYEEE !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sirandah Island serasa lomboknya sumbar

Bukit Teletubies, Tiga Puncak

Telegram kekinian